Perawatan Iguana Hijau

August 15, 2008 

| More

ESCI302REPTIL004

Nama Iguana hijau
Nama Latin Iguana iguana

Negara Asal
Amerika bagian Tengah dan bagian Selatan Central and South America. Iguana yang import kebanyakan dari Columbus, El Salvador, Hoduras, Peru, Mexico dan Suriname.

Size: Iguana dewasa bisa mencapai 1.8 mtr.

Umur: Apabila di pelihara dengan baik bisa mencapai usia 20 tahun.

Catatan: Banyak orang yang berpikir bahwa Iguana adalah hewan untuk pemula dalam pemeliharaan reptile, tapi sebetulnya itu adalah hal yang keliru. Iguana memerlukan penanganan yang serius yang biasanya diluar dari kemampuan pemula. Hal ini disebabkan kurangnya informasi dan pengetahuan yang menyebabkan Iguana mati sebelum dewasa. Dalam memelihara Iguana, harus memperhatikan kandang dan makanan.

Penampilan Umum: Iguana adalah hewan yang paling sering dikenal sibagai Kadal. Iguana memiliki lima jari di tiap kakinya, memiliki “jengger”. Semua jenis Iguana memiliki duri yang berada di sepajang punggungnya. Berbeda dengan yang diketahui masyrakat bahwa warna iguana adalah hijau, semua juvenil mempunyai warna hijau, tapi setelah mereka dewasa, warna tubuhnya berubah menjadi coklat cenderung oranye dengan garis pada ekornya.

Kandang: 2.5 – 3.6 M Panjang x 1.2 – 1.5 lebar x 1.8 m Tinggi. Tempat minum harus disediakan di dalam kandang. Ranting untuk menajat atau pohon juga bisa disedikan di dalam kandang.

Temperature: Iguanas berasal dari tempat yang bersuhu tropic dan perlu tempat yang hangat, Suhu yang baik adalah 26 C s/d 29 C, tempat berjemur 32 C s/d 35 C. sebaiknya di kandang di pasang Thermometer untuk memantau keadaan suhu.

Panas dan Pencahayaan: Sinar UV baik untuk menjaga metabolism dan pertumbuhan tulang pada Iguana, Tanpa sinar ultra violet Iguana akan mudah sakit dan bisa menyebabkan kematian.

Alas: Iguanas sering kali menggunakan lidahnya untuk mengidentasi suatu benda maka alas yang berbahan dari serutan kayu tidak bisa digunakan karena akan menyebabkan tertelannya benda yang ada. Sebagai alas bisa digunakan Kertas koran atau kertas bekas, bisa juga di gunakan sejenis carpet karet atau bisa juga digunakan

Kelembaban: Kelembaban yang disukai adalah 65 % – 75 % . bisa digunakan pengairan yang menggunakan mesin atau pun bisa juga disemprot sehari dua kali untuk mempertahankan kelembaban.

Diet: Iguana adalah binatang pemakan tumbuhan. Sebaiknya untuk memberikan makanan dari bahan yang terbuat dari tumbuahn yang terdiri dari 40 – 45 % hijau –hijauan (collard, turnip, mustard, dandelion, escalore dan Cress), Kemudian 40 – 45% adalah Sayuran (green bean, butternut, kabocha, snap dan atau peas, pasnip, asparagus, okra, alfalfa (yang matang bukan tunas), onions, mushrooms, bell peppers, sweet potato, zucchini, yellow squash dan carrot ). 5 – 10 % adalah (Blackberris, strawberri, raspberri, grapes, manggo, melon, papaya, banana dan apel.) Tidak dianjurkan memberi makanan dari tanaman liar karena bisa menyebabkan iguana terkena penyakit.

Maintenance: Jagalah agar kandang selalu bersih, alas dan kandang bisa dibersihkan dengan pemutih dicampur air sebnyak 5 %, setelah itu disiram dengan air bersih agar sisa pemutihnya hilang, dan tidak meracuni Iguana. Selalu cuci sebelum dan setelah memegang iguana dan atau alat-alatnya.

thanks buat Rx member “Kucrut”

http://www.reptilx.com/rxforum/viewtopic.php?f=56&t=4510

| More

Comments

45 Responses to “Perawatan Iguana Hijau”
  1. BOIM says:

    HI TEMAN2…Q PYA 6 IGGY JANTAN SEMUA NIH,ADA YG PLIARA SLAMA 6TH..AD YG MAU Q JUAL KARNA MAU PINDAHAN..UKRAN 76CM-1.3MTRAN!!JINAK.085691243380.SBY ONLY*THANX RX!*

  2. Budi X says:

    Cara mandiinnya gimana? berapa lama sebaiknya iguana dijemur dibawah sinar matahari?

  3. Budi X says:

    Menyemprot dengan air untuk mempertahankan kelembaban di dalam akuarium atau di luarnya? jika akuarium atau kandang tidak diberi ranting sebagai tempat memanjat (kandang dalam keadaan datar) gimana? please jawabannya…

  4. Budi X says:

    jawaban kirim ke email ku…

  5. Budi X says:

    Penggantian koran untuk alas satu hari berapa kali?

  6. PonCho says:

    mandiin ya dimandiin, rendam pake aer hangat, tp dikit aj, jangan banyak banyak, biasanya dia berontak klo awal awal,
    klo masih berontak ya dilap aj pake kain air hangat, bersiin sekalian badannya, bekas pup juga

    semprot aj badannya, klo ngga makanannya dicuci sblom kasih, biar basah dikit kandangnya, makanan yang kotor langsung dibuang, biasanya dia mau makan klo kandangnya hangat, kasih lampu spot ato uvb aj, tapi jangan terlalu dekat ato terlalu lama, kepanasan ntar,

    penggantian alas seperlunya, klo alas koran, pas kotor harus langsung diganti, kena pup ato kencing, sehari bisa 3-4 kali,
    kadang klo males makan juga ngga kotor kandangnya,

    klo malem kandang dimatiin lampunya, soalnya seringkali awal awal dia cuma mau makan klo kandangnya gelap, klo udah terbiasa terang juga nggak ap ap,

  7. Ricky says:

    1. Mau nanya nih..Iguana saya masih Bayi..makanan yg bagus ap yah??klo kangkung terus bagus gak??
    2. Iguana saya ini kadang2 warnanya jd hitam tp kadang2 hijaulagi.kenapa yah??ap karena kedinginan?
    3. saya tidak punya lampu spot ato uvb..tapi klo di jemur di bawah Matahari beberapa waktu gtuw doang bisa jg kan??

    Thanx..please di bls yah..:-)

  8. widhianta says:

    Temen2.., aku baru pelihara iguana.. Aku beli sepasang, kata pedagangnya sih sepasang.. Tapi, salah satu iguana yang aku beli, ekornya pernah putus.. Yang aku tanyain, ekor bisa tumbuh lagi kaya semula dan normal lagi gak? berapa lama?

    Terus, yang ke2.. Kalo pas ganti kulit, boleh kita kelupasin gak kulit2nya? Gemes aku liatnya, pingin aku kelupasin..

    Mohon infonya ya, karena aku baru pelihara ini.. Masih amatir dalam pelihara iguana.. THX..

  9. Ricky says:

    Untuk Widhianata…
    1. Ekornya sih bisa tumbuh lagi, tapi lama dan warnanya item pas tumbuh lagi, dan ga akan sesempurna bentuk awalnya..yg pasti sirip yg bagian atasnya ga ad lagi di bagian ekor yang putus itu

    2. Boleh aj di kelupasin tapi pelan2 aj..yg bisa di kelupas aj..soalnya kadang2 ad kulit yang masi nempel bngt dan kalo di kelupas langsung sakit..

  10. deane says:

    Salam untuk penggemar Iguana,

    Saya mau tanya nich, bagaimana caranya supaya iguana cepat besar karena iguana yang saya beli setahun yang lalu kok tidak mau bertambah besar. Dan pada umur berapa bisa dikasih obat cacing karena informasi yang saya dapat kalau iguana itu cacingan dan perlu dikasih obat cacing.
    Terima kasih atas bantuaannya

    Salam dari Bali

    Deane

  11. admin says:

    halo deane

    iguana pertumbuhannya akan bagus bila makanan yang diberikan baik, pertumbuhan iguana di 3 tahun pertama biasanya aga lambat, perubahan besar tubuhnya tidak terlalu signifikan sebelum mencapai umur 3 tahun.
    obat cacing dapat diberikan sesuai takaran yg dianjurkan..

  12. Buddy Damank says:

    iguana gw gi sakit, didaerah mulut tumbuh benjolan sebesar kelereng padahan gw dah telaten baget meliharanya, kasian banget bang…….mohon info gimana cara/tips ngobatinnya?? thangk bro…. mohon infonya atau bisa via email.

  13. admin says:

    biasanya itu telur cacing, coba dikasih obat cacing iguananya, tapi dosisnya kecil aja, sedikt

  14. z says:

    makanan apa yg paling bugus……

  15. admin says:

    sayur dan buah.

  16. zh says:

    Kalo ekornya putus numbuhnya brp lama ya?

  17. Aringgo Natutu Doau says:

    Aq punya Iguana hijau dg panjang kepala-ekor 65 cm, saat ini susah makan, makanan apa yg disuka Iguana ? boleh dikasih jangkrik ?

  18. admin says:

    coba diganti aja makanannya
    dari kangsung, selada, sawi sampe ke buah2an seperti pepaya pisang dll

  19. Dinsgott says:

    aku baru pelihara iguana…dan iguanaku ini panjangnya sekitar 60-70 cm..ga tau umurnya berapa bulan..tapi galak banget ya??!!? setiap ada pergerakan buntutnya nyabet terus..waktu aku ambil kemarin di petshop,kata masnya sih emang jarang dipegang sama dia…musti gimana donk…???setiap ngasih makan aja udah keburu takut disabet..gimana mau mandiin???tolong ya…yang sudah berpengalaman, kasih tau tips n tricknya…thank’s :) GBU.

  20. Mobi Sure says:

    Mohon info dari para senior,,aku punya iguana yang dalam masa shading,,uda bersih tapi ada 2 tempat yg dari dulu sepertinya susah tuh kulit buat terlepas.soalnya seperti kulit keras,,mohon info guys.

  21. bach says:

    harga bayi iguana brpa ya dan belinya d mana tolong minta jawbnyya

  22. bach says:

    harga bayi iguana brpa bro dan belinya d mana

  23. Yoga Abach says:

    harga bayi iguan brp ya bli nya d mana

  24. prima says:

    bro ,iguana ane tidur mulu ,ga mau makan ga mau minum ,terus kata si akang nya makanan nya jangkrik ,emang bisa ?jenis nya juga katanya beda bukan yg green iguana ,katanya iguana sulawesi ?warna nya hijau gelap ,orange ,sedikit hijau terang,buntut warna nya biru langit belang hitam ,
    mohon informasi nya ya ,please ..

  25. fitri yani says:

    kyakny sih gampang.ia tpi kapan biasanya iguana kawi kira2 umur brapa.iia

  26. Din Raub says:

    Klau iguana putus jarinya bisa cambah atau engak……

  27. pandu3 says:

    mw nanya nie…
    biar warna’y ijo cerah cara perawatan’y gmn…?
    trus makanan’y yg harus dberikan apa…?

  28. pandu3 says:

    mw nanya nie…
    biar warna’y ijo cerah cara perawatan’y gmn…?
    trus makanan’y yg harus dberikan apa…?

    soal’y iguana saya bagian atas’y warna’y coklat

  29. dwi says:

    bro mau nanya beli calsium khusus reptil di jakarta dimana ,terus bagusnya pemberian calsium setiap hari apa berapa hari sekali thx

  30. dave laurent says:

    haloo…..
    iguanaku di ekor bagian bawahnya kok ad ky luka trus sekitarnya jd warna coklat trus ky nya ad daging nya kelaitan warna puti….
    tu knp ya? sakit ato kg???

  31. orins says:

    gw punya iguana d rumah… susah makan… kalo g disuapin gk mo makan…. terakhir2 nie iguana gw malah g mau makan sama sekali…. pas mo disuapin juga g mau ngbuka mulut….. ada yang bisa bantu guys….. thank’s….
    oh ia perlu diketahui… iguana gw dpet dr samping rumah, dy liar… tp sminggu ama gw uda g’ bgitu liar, uda mau dipegang… awalnya gigit terus… didaerah rumah gw banyak bukit… jadi sometime kita bisa liet iguana pada nyebrang jalan.
    sebulan lalu gw liet iguana uda mati ketabrak, wuih sadis banged….g bisa diungkapin dg kata2 deh keadaan si iguana itu… uda lumayan gede, mkn setahun umurnya.
    beberapa hari lalu gw juga ktemu ama iguana yg lumayan gede jg… pas mo gw ambil, gw injek ekornya… trus putus…. gw merasa bersalah banget, ampe kebawa kedalam mimpi….
    oh ia…. gw ada masukan buat kalian pecinta iguana…. dulu awal2 punya iguana, iguana gw kliatannya uda mo mati…. lemes buanged, mo buka mata ajah susah… stelah gw cek d internet, trnyata iguana gw kkurangan panas… waktu iguana gw kena sinar matahari, malah gw masukin rumah….tp setelah tau iguana butuh kehangatan, gw bawa keloteng rumah, n gw biarin dy berjemur….stelah itu..yew si burjo +nama iguana gw+ sehat wal afiat, kembali seperti semula…. tp masalahnya sekarang dy g mau makan… so help me guys… gmana what i spose

  32. orins says:

    gw punya iguana d rumah… susah makan… kalo g disuapin gk mo makan…. terakhir2 nie iguana gw malah g mau makan sama sekali…. pas mo disuapin juga g mau ngbuka mulut….. ada yang bisa bantu guys….. thank’s….
    oh ia perlu diketahui… iguana gw dpet dr samping rumah, dy liar… tp sminggu ama gw uda g’ bgitu liar, uda mau dipegang… awalnya gigit terus… didaerah rumah gw banyak bukit… jadi sometime kita bisa liet iguana pada nyebrang jalan.
    sebulan lalu gw liet iguana uda mati ketabrak, wuih sadis banged….g bisa diungkapin dg kata2 deh keadaan si iguana itu… uda lumayan gede, mkn setahun umurnya.
    beberapa hari lalu gw juga ktemu ama iguana yg lumayan gede jg… pas mo gw ambil, gw injek ekornya… trus putus…. gw merasa bersalah banget, ampe kebawa kedalam mimpi….
    oh ia…. gw ada masukan buat kalian pecinta iguana…. dulu awal2 punya iguana, iguana gw kliatannya uda mo mati…. lemes buanged, mo buka mata ajah susah… stelah gw cek d internet, trnyata iguana gw kkurangan panas… waktu iguana gw kena sinar matahari, malah gw masukin rumah….tp setelah tau iguana butuh kehangatan, gw bawa keloteng rumah, n gw biarin dy berjemur….stelah itu..yew si burjo +nama iguana gw+ sehat wal afiat, kembali seperti semula…. tp masalahnya sekarang dy g mau makan… so help me guys… what should i do…????

  33. Egha Coituz says:

    saya puny iguana,tp bliau gk mau makan.gmn cra y biar mau mkan lagi?

  34. max says:

    mau tanya dunk,, iguana saya asalnya jinak pas sebelum beli,, pas ganti pemilik,, masih lumayan jinak,, kemudian saya coba mau jemur itu iguana,, dan iguana jadi agresif dan loncat sehingga jatuh dari tangga,trus ketakutan, pas di masukin kandang malah ketakutan dan gelisah jadi agresif dan jadi hitam,, cara ngatasin stres nya gimana, trus apa ada luka dalam jika jatuh -+ jarak jatuhnya 300meteran.. sampai sekarang diem terus gak mau makan,,takut kenapa2 soalnya ini baru pertama kali beli baru 2 hari ,, mohon bantuannya!! urgent

  35. Reidika Haris says:

    gimana cara membedakan iguana jantan dan betina ,, aku punya iguana umurnya 3,5thn umumnya kalo umur segitu panjangnya nrapa cm , kalo menjemur iguana brapa jam ya??? bles di fbku ya

  36. admin says:

    aggresive di kandang itu biasa, kalo dah di luar kandang biasanya ga papa kok

  37. admin says:

    itu ada gambarnya kan bro

  38. nanang enstin says:

    q punya baby iguana ni.dia sakit aneh kayax jamur d badanx tumbuh bentol” kaya jamur.tiap hari qu mandiin pke air qu campur detol ma ku sikat pelan”.kira” bagus ga ya kaya gt.terus gmn cara yg betul ngilangin jamurx.

    thx …..

  39. Riza Ramsey says:

    aku punya iguana ni tp g tau umur nya brapa thn
    aku beli pas ukuran nya sebesar kadal sekarang panjangnya sekitar 3 jengkal tangan orang dewasa.
    trus iguana ku g bisa makan sendiri mesti d suapin, and g aku kasi kandang . aku taro d ruang tengah rumah,
    gimana tu apa g bklan menghambat proses pertumbuhan nya????

  40. Harajoeku says:

    Ijin Copas buat d FB ya bos

  41. sandy rizki pranata says:

    whahahaha keren NIH,, :D hm tp kalo misal nya jinakin iggy yg jarang d pegang gimana ya?

  42. Adam says:

    Ane punya iguana masih kecil tpi susah bgt d kash mkan…
    kira² ada yg bisa kasih solusi g…???
    kontak ane d FB ya

    http://www.facebook.com/afdholul_laily

  43. zakirt says:

    Saya baru sahaja membela iguana. Baru di beli dari kawan, iguana berumur 3 tahun, masalahnya iguana saya kurang mahu makan. Bagaimana cara mengatasinya? dan bagaimana hendak memulihkan selera makanya semula….

  44. aes says:

    IGUANA MENGGIT ENGGAK SIH?

  45. domas says:

    iguana saya sudah seminggu ini ga mau makan, disuapin jg ga mau. biar pola makannya teratur lagi gimana caranya? mohon bantuannya.

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!