Argus monitor care n Tips

August 3, 2010 

| More

Varanusgouldii_LakeArgyle_1

Argus Monitors (Varanus panoptes horni)

Australia2- argus Biawak Argus adalah jenis biawak yang kuat dan hidup di padang rumput dan berasal dari selatan papua nugini .  Biawak Argus adalah jenis biawak yang lumayan besar dan dapat tumbuh hingga 2meter panjang total dari ujung kepala hingga ekor. Mereka adalah jenis kadal yang aktif dan mengejar mangsanya. salah satu ciri Khas biawak jenis ini, adalah mereka bisa berdiri dengan kedua kaki belakangnya yang kuat. menurut saya setelah melihat biawak Argus berdiri dengan dua kaki belakangnya, yang teringat oleh saya adalah dinosaurus :) . Mereka tidak terlalu mahir dalam memanjat dan berenang, kebanyakan harinya di habiskan di padang rumput atau daerah terestrial lainnya.  mengetahui jenis kelaminnya tdk mudah, jantan biasanaya memiliki tubuh yang paling besar.

Temperature and UV Lighting

Biawak Argus bisa dipelihara dengan suhu 26-30 derajat celcius dengan tempat berjemur di suhu 40C. Dimalam hari suhu bisa turun ke 25c. Humidity di 60%-80%. UVB lighting tidak harus diberikan namun bisa untuk mempercantik. UVB lighting membantu reptil mendapatkan kalsium, dengan menciptakan vitamin D3. Namun, Karena mereka mendapatkan kalsium dan D3 dari makanannya yang terdiri dari tikus, ayam, dll, mereka tidak membutuhkan lg kalsium tsb. Tulang dari tikus dan ayam menyediakan kalsium, sedangkan hati dari ayam dan tikus menyediakan vitamin D3.

Housing

Argus baby dapat dipelihara di akuarium 60cm, tapi mereka dapat tumbuh dengan cepat dan argus yang lebih besra harus dipelihara di kandang yang lebih besar. Argus yang sudah dewasa dapat dipelihara di kandang 4m dan diberikan alas yang dapat digali. betina dapat dipelihara di kandang yang lebih kecil. dan untuk Argus yang berukuran monster kadang membutuhkan kandang seukuran kamar kita.

Bedding

Rekomendasi saya untuk alas kandang adalah koran, pasir, serbuk kelapa. dan ada baiknya menyediakan lapisan alas yang agak tebal sehingga biawak bisa menggali.

Calcium

Kalsium dan Vitamin diberikan ketika kita memberikan makanan yang tidak mengandung tulang kepada biawak kita. ketika kita memberikan tikus, ayam atau ikan, kalsium dan vitamin tidak harus diberikan lagi.

Food

Biawak Argus termasuk jenis biawak yang oportunis, mereka hampir memakan semua jenis serangga dan mamalia kecil yang dapat ditemukan. Makanan idealnya;  tikus kecil, Tikus rat, jangkrik, superworms, hati sapi,  dan telur yang direbus. Dengan campuran makanan seperti di atas dan pemberian makanan maksimal 5x seminggu sudah dapat memenuhi kebutuhan makannya dan membantu perkembangan badannya maksimal.

Cleaning and Handling

Kandang harus dibersihkan bila kotor. Sisa makanan dan kotoran hewan harus dibersihkan beberapa kali dalam 1 minggu. alas kandang harus diganti setiap sebulan sekali dan air minum yang bersih harus disediakan setiap saat.  Biawak Argus dapat di pegang setiap saat tapi ada baiknya memberikan waktu mereka untuk berdaptasi dengan kandang barunya agar lebih jinak. selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang binatang yah.

| More

Comments

3 Responses to “Argus monitor care n Tips”
  1. alvin says:

    wah pas banget nie artikel…. ane baru bli gouldi…wkwkwkwkwk
    tq2 atas infonya

  2. van part II says:

    brpa bli gouldi gan ?

  3. sandy rizki pranata says:

    kereeenn , langsung di coba..

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!